Cinta lingkungan adalah suatu bentuk kegiatan merawat dan menjaga lingkungan sekitar serta bijak dalam pengelolaan lingkungan.

Dewasa ini, kita banyak mendapatkan informasi mengenai pencemaran lingkungan yang marak terjadi di berbagai daerah. Tak jarang dampak dari pencemaran mengganggu keseimbangan ekosistem seperti terjadinya banjir, longsor, keracunan biota laut dan sebagainya.

Hal ini merupakan suatu bukti kecil minimnya perilaku cinta lingkungan. Oleh sebab itu, kita perlu menggalakkan kembali aksi peduli terhadap lingkungan.

Dengan menerapkan perilaku cinta lingkungan, kita turut menyelamatkan diri kita sendiri dari bahaya bencana yang tidak kita duga.

Cinta Lingkungan

Aksi cinta lingkungan atau peduli lingkungan adalah suatu bentuk kegiatan merawat dan menjaga lingkungan sekitar serta bijak dalam pengelolaan lingkungan.

Contoh Perilaku Cinta Lingkungan

1. Membuang sampah pada tempatnya

Perilaku utama dalam menerapkan cinta lingkungan adalah dengan membuang sampah pada tempatnya. Membuang sampah sembarangan dapat mengganggu keseimbangan ekosistem. Hasilnya dapat menyebabkan banjir, pencemaran tanah dan air.

Membuang sampah pada tempatnya akan lebih baik jika dibarengi dengan pemilahan sampah yang baik. Kita dapat memilah sampah berdasarkan sifatnya, mudah busuk, daur ulang, dan tidak bisa daur ulang.

Dengan satu langkah kecil ini setiap harinya, kita sudah turut menjaga kelestarian bumi.

2. Mengurangi penggunaan plastik

Dahulu plastik diciptakan untuk mempermudah kehidupan manusia. Namun, sekarang plastik merupakan musuh utama lingkungan. Hal ini karena plastik merupakan benda yang sangat sulit diuraikan. Plastik membutuhkan hingga 50-100 tahun tahun untuk dapat terurai.

Oleh sebab itu, langkah bijak dalam peduli lingkungan yaitu dengan mengurangi penggunaan plastik. Kita dapat mengganti plastik sekali pakai dengan wadah atau tas kain yang bisa digunakan berulang.

3. Menghemat penggunaan kertas

Perlu diketahui bahwa kertas dihasilkan dari kayu-kayu yang ditebang setiap harinya. Di Indonesia sendiri, sebanyak 40% hutan hilang digunakan untuk produksi pulp dan kertas. Keadaan demikian turut mengancam kelestarian hutan dan lingkungan termasuk ketersediaan oksigen.

Kita dapat menghemat penggunaan kertas dirumah, kantor, maupun sekolah dengan menerapkan konsep paperless. Hemat kertas dapat dimulai dengan mengirim surat melalui email, membaca melalui perangkat elektronik, hingga mengurangi penggunaan tisue.

4. Menggunakan air dan listrik seperlunya

Manusia tidak bisa hidup tanpa memanfaatkan keberadaan energi, termasuk diantaranya adalah penggunaan air dan listrik. Pemborosan air dan listrik merupakan tindakan yang tidak bijak.

Hal ini karena keberadaan air tawar yang sangat terbatas jumlahnya, yaitu hanya berkisar 2,5% dari seluruh jumlah air di dunia. Sedangkan untuk memenuhi energi listrik, beberapa perusahaan pembangkit listrik masih menggunakan sumber daya batu bara dan fosil yang semakin menipis dan tidak ramah lingkungan.

5. Tidak membuang-buang makanan

Perlu kita ketahui, bahwa Indonesia merupakan negara dengan produsen sampah paling banyak di dunia. Bahkan, berdasarkan data Food Sustainable Index tahun 2018 menyebutkan bahwa rata-rata penduduk Indonsia membuang sekitar 300 kg makanan per tahun.

Fakta ini telah menjadi isu global dan perhatian berbagai lembaga ketahanan pangan. Selain itu, kondisi sampah yang saling bercampur antara sampah organik dan non organik dapat menyebabkan pencemaran yang sangat berbaya bagi lingkungan.

Oleh sebab itu, dengan bijak dalam membuang sampah makanan kita telah turut mengambil peran dalam menjaga lingkungan bersama.

6. Naik transportasi umum

Saat ini, transportasi di dunia masih banyak yang menggunakan bahan bakar fosil tidak ramah lingkungan. Oleh sebab itu, memilih menggunakan transportasi umum merupakan pilihan bijak dalam membantu menjaga lingkungan. Dengan demikian kita dapat membantu mengurangi polusi jalan, kemacetan, hingga menghemat energi bahan bakar.

7. Membeli barang seperlunya

Perilaku konsumtif menyebabkan semakin banyak sampah yang dihasilkan. Hasil akhir dari sampah kemudian menumpuk di TPS atau TPA sehingga menyebabkan peningkatan pencemaran lingkungan.

Dengan mengurangi dan menghemat penggunaan barang kita dapat berperan dalam pencegahan peningkatan sampah dan turut menerapkan perilaku cinta lingkungan.

8. Berkebun

Aktivitas berkebun mengajarkan perilaku tanggung jawab dalam merawat tanaman. Kegiatan ini mampu menambahkan kepedulian terhadap tanaman beserta lingkungannya.

9. Bermain di alam

Sama halnya dengan berkebun, bermain dengan alam merupakan perilaku yang mengajarkan kita semakin dekat dengan alam. Dengan semakin mengenal alam, hehijauan, lalu menghirup oksigen segar membuat kita semakin sadar akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan.

10. Menjadi contoh yang baik

Perilaku cinta lingkungan sudah selayaknya digalakkan bersama-sama untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan lestari. Hal ini dapat kita mulai dari diri sendiri. Dengan satu tindakan kecil, kita telah turut berperan dalam menjaga bumi.

Manfaat Cinta Lingkungan

1. Menciptakan Lingkungan Sehat

Lingkungan yang sehat identik dengan kebersihan. Menjaga kondisi rumah bersih bebas dari kuman dan kotoran dapat mencegah datangnya penyakit.

Oleh sebab itu, dengan menanamkan pola perilaku peduli lingkungan, sudah sewajarnya bahwa kita turut menciptakan lingkungan yang sehat.

2. Menjaga Kesehatan Mental

Menjaga kebersihan lingkungan tidak hanya berdampak ke kesehatan fisik, tapi juga kesehatan mental. Sirkulasi udara yang bersih, dengan ruang hijau, dan sanitasi yang baik membantu meningkatkan relaksasi. Oleh sebab itulah mengapa menjaga kebersihan dapat menjaga kesehatan mental.

3. Meningkatkan Kenyamanan

Tidak hanya mempengaruhi kesehatan fisik dan mental, lingkungan yang bersih mampu membuat penghuninya merasa nyaman. Tempat tinggal yang bersih dan nyaman tentu akan melahirkan banyak kebahagiaan dibandingkan tempat tinggal yang kotor.


Demikian ulasan mengenai cinta lingkungan contoh dan manfaatnya. Semoga bermanfaat ya.

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *