Mengenal kata energi, apa yang terpikirkan?

Baik, setiap hari kita membutuhkan adanya energi. Kita, sebagai manusia, bisa bergerak dan melakukan berbagai aktifitas karena memiliki energi dari apa yang kita makan. Sama halnya dengan perangkat divais elektronik yang membutuhkan energi listrik untuk bisa bekerja.

Berikut adalah ulasan pengertian dasar mengenai energi, bentuk, dan sumber energi.

Pengertian Energi

Definisi dasar dari energi adalah kemampuan untuk melakukan suatu pekerjaan. Siapakah yang membutuhkan energi?

Baik makhluk hidup maupun benda mati yang mempunyai fungsi kerja, membutuhkan energi untuk menggerakkannya.

Tumbuhan membutuhkan energi dari matahari untuk melakukan fotosintesis. Manusia dan hewan membutuhkan asupan makanan untuk bisa beraktivitas. Mobil membutuhkan energi berupa bahan bakar mesin (BBM) untuk bisa bergerak melaju di jalan.

Dalam sains, energi dapat diubah dari satu bentuk ke bentuk lainnya. Misalnya, makanan yang dimakan seseorang mengandung energi kimiawi, dan tubuh seseorang menyimpan energi ini hingga ia menggunakannya sebagai energi kinetik selama bekerja atau bermain. Energi kimia yang tersimpan dalam batu bara atau gas alam dan energi kinetik air yang mengalir di sungai dapat diubah menjadi energi listrik, yang selanjutnya dapat diubah menjadi cahaya dan panas.

Bentuk Energi

Sumber : freepik.com

Bentuk energi ini dapat dikelompokkan menjadi dua jenis energi umum untuk melakukan pekerjaan:

Energi potensial atau tersimpan, yaitu suatu energi yang tersimpan dalam suatu benda atau energi yang ada karena posisi. Sedangkan Energi kinetik atau kerja yaitu energi yang ada ketika benda bergerak.

Terdapat banyak bentuk energi yang diketahui, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Energi Panas

Energi panas adalah energi yang berasal dari pergerakan atom dan molekul dalam suatu zat. Panas meningkat saat partikel ini bergerak lebih cepat. Energi panas bumi adalah energi panas yang tersimpa di perut bumi.

2. Energi Cahaya

Energi cahaya adalah bentuk dari radiasi elektromagnetik. Cahaya terdiri dari paket-paket energi yang disebut foton yang diproduksi ketika atom suatu benda mengalami panas. Cahaya melaju dalam gelombang dan hanyalah energi yang tampak mata. Dengan cahaya, manusia bisa melihat berbagai pantulan cahaya yang ditangkap oleh mata sebagai warna.

3. Energi Mekanik

Energi gerak disebut juga sebagai energi mekanik, yaitu energi yang disimpan pada benda yang bergerak. Semakin cepat benda bergerak, semakin banyak energi yang disimpan.

Energi gerak merupakan total gabungan dari energi potensial dan kinetik pada benda yang digunakan untuk melakukan suatu pekerjaan.

4. Energi Kelistrikan

Energi listrik disebabkan oleh adanya gerakan muatan listrik yang disebut sebagai elektron. Semakin cepat muatan bergerak, maka semakin banyak energi listrik yang dibawa.

Adanya muatan yang menyebabkan energi bergerak, energi listrik termasuk ke dalam bentuk energi kinetik.

5. Energi Bahan kimia

Energi kimia adalah energi yang tersimpan dalam ikatan senyawa kimia seperti atom dan molekul. Energi kimia dilepaskan ketika terjadi reaksi kimia.

Pada umumnya, setiap energi kimia dilepaskan dari suatu bahan, maka akan berubah menjadi senyawa baru.

6. Energi Gravitasi

Energi gravitasi adalah energi yang berkaitan dengan gravitasi. Yaitu energi potensial yang tersimpan oleh benda karena adanya perbandingan posisi antara tinggi dan rendah.


Terimakasih telah membaca materisains.com, semoga bermanfaat 🙂

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *