Lingkungan adalah suatu kombinasi sumber daya alam yang meliputi tanah, air, mineral, flora dan fauna baik yang berada di daratan maupun lautan.

Sebagai makhluk hidup, kita hidup berdampingan dalam suatu lingkungan dengan makhluk hidup lainnya. Sudah sewajarnya sesama mahkluk hidup saling menjaga dan melestarikannya.

Pengertian Lingkungan

Lingkungan adalah suatu kombinasi sumber daya alam yang meliputi tanah, air, mineral, flora dan fauna baik yang berada di daratan maupun lautan. Definisi lain dari lingkungan yaitu segala sesuatu yang berada disekitar manusia yang dapat mempengaruhi kelangsungan hidup.

Konsep dari lingkungan mencakup komponen biotik dan abiotik. Komponen biotik meliputi organisme hidup seperti tumbuhan, hewan, manusia, mikroorganisme. Sedangkan komponen abiotik meliputi tanah, udara, air, iklim kelembaban, cahaya, dan bunyi.

Cabang ilmu biologi yang mempelajari mengenai lingkungan adalah ekologi.

Contoh Lingkungan

1. Lingkungan Alami

Pengertian dari lingkungan alami adalah suatu wilayah yang terbentuk melalui proses alamiah tanpa adanya campur tangan manusia. Sumber daya alam alami meliputi berbagai komponen fisik biotik.

Contoh dari lingkungan alami diantaranya yaitu hutan, gunung, danau, sabana, laut, sungai, rawa, dan air terjun.

2. Lingkungan Buatan

Lingkungan buatan adalah sebuah wilayah yang dibentuk oleh manusia dengan perencanaan sebelumnya. Tujuannya yaitu untuk menciptakan suatu wilayah baru sebagai tempat tinggal dan melakukan berbagai aktivitas.

Contoh dari lingkungan buatan diantaranya yaitu permukiman, jalan, taman, kawasan industri, kawasan hiburan, sawah, kolam, dan waduk.

Cara Melestarikan Lingkungan

1. Membuang Sampah pada Tempatnya

Hal mendasar yang perlu dilakukan yaitu membuang sampah pada tempatnya. Mengapa?

Jika kita membuang sampah pada tempatnya, maka sampah tidak berserakan. Sehingga, sampah tidak mengotori dan mencemari lingkungan.

Kebijakan membuang sampah pada tempatnya ini sangatlah penting, apalagi jika dibarengi dengan pemilahan sampah. Kita dapat memilah sampah berdasarkan sifatnya, mudah busuk, daur ulang, dan tidak bisa daur ulang.

Dengan satu langkah kecil ini setiap harinya, kita sudah turut menjaga kelestarian bumi.

2. Mengurangi Penggunaan Barang Berlebih

Semakin banyak barang yang digunakan, maka semakin banyak sampah yang dihasilkan. Oleh sebab itu, dengan mengurangi penggunaan barang secara berlebihan merupakan salah satu langkah yang baik untuk melestarikan lingkungan.

Kita bisa memulai dengan mengurangi penggunaan pakaian, perabotan rumah tangga, dan bahan makanan. Gaya hidup yang demikian disebut juga sebagai penerapan hidup minimalis.

3. Menjaga Kebersihan

Lingkungan yang bersih berarti mencegah timbulnya pencemaran. Hal ini selaras dengan langkah membuang sampah pada tempatnya, yaitu demi menjaga kebersihan lingkungan.

4. Bijak dalam Mengelola Lingkungan

Dalam konsep ini, bijak mengelola lingkungan berarti tidak melakukan hal-hal yang dapat menimbulkan pencemaran. Diantaranya yaitu tidak membuang sampah di sungai, laut, dan danau, tidak menebang pohon secara sembarangan, melakukan penghijauan, dan mengurangi penggunaan sampah plastik.


Demikian penjelasan mengenai lingkungan, contoh, dan cara melestarikannya. Semoga bermanfaat ya.

Kiriman serupa

1 Komentar

  1. […] cinta lingkungan atau peduli lingkungan adalah suatu bentuk kegiatan merawat dan menjaga lingkungan sekitar serta […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *