Satuan Internasional – Pengertian, Standar SI dan Satuan Pokok

Mendengar satuan internasional, tahukah kamu?

Untuk mengukur segala bentuk objek, kita membutuhkan yang namanya alat ukur. Nah, setiap alat ukur mempunyai satuannya masing-masing. Yuk, kita bahas lebih lanjut melalui uraian berikut!

Pengertian Satuan Internasional

Pengertian satuan internasional atau yang juga dikenal sebagai SI adalah bentuk modern dari sistem metrik yang saat ini paling umum digunakan. Secara internasional, sistem SI terdiri dari satuan pengukuran tujuh satuan pokok yang merupakan satuan dari tujuh besaran pokok.

Satuan pokok adalah bentuk konstanta alam tetap yang dapat diamati dan diukur dengan akurat. Sedangkan satuan turunan adalah satu atau gabungan dari beberapa satuan pokok.

Sistem Si juga menentukan satuan turunan yang dapat digunakan untuk menentukan kelipatan atau pecahan satuan. Beberapa dari satuan turunan adalah Watt, Newton, Joule, dan beberapa satuan turunan lainnya.

Standar Satuan Internasional

Terdapat berbagai satuan yang digunakan di berbagai negara. Oleh sebab itu dibutuhkan standar yang menjelaskan seberapa panjang satu meter dan seberapa lama satu detik. Hal ini sangat penting bahwa standar yang dipilih harus mengacu pada standar laboratorium. Kemudian standar ini dikomunikasikan dengan orang lain supaya bisa dengan mudah digunakan

Satuan Pokok

Secara umum kita mengenal ada tujuh besaran pokok. Berdasarkan pengertian, besaran adalah segala sesuatu yang dapat diukur. Besaran yang paling umum kita temui sehari-hari seperti ketika mengukur panjang meja dan menimbang massa beras. Besaran pokok memiliki satuan pokok.

Berikut adalah tujuh besaran pokok dan satuan pokok yang akan kita ulas!

1. Panjang

Besaran pertama dalam satuan internasional adalah panjang. Standar internasional satuan panjang adalah meter yang biasa disingkat dengan m. Standar satuan meter setara dengan 1/10.000.000 jarak antar kutub utara dan selatan bumi.

Dalam perjalanannya, satuan meter kerap kali mengalami perubahan definisi ilmiah. Definisi terbaru mengenai satuan meter adalah panjang jarak yang ditempuh dalam ruang hampa selama 1/299,792,458 per detik (dari sinilah kecepatan cahaya diasumsikan 3 x 108 m/s).

Meski demikian, beberapa negara masih menggunakan satuan panjang seperti inchi, kaki, maupun mil. Dengan demikian dibutuhkan konversi antar satuan tersebut terhadap meter. Besar satu inchi setara dengan 2,54 cm (1m = 100 cm).

2. Waktu

Satuan standar untuk waktu adalah sekon (s) atau disebut juga sebagai detik. Secara definisi, satu sekon setara dengan 1/86.400 dari waktu sehari ( 24 jam/ hari x 60 menit/jam x 60 s/menit = 86.400 s/hari).

Standar terbaru untuk satu sekon setara dengan durasi 9.192.631.770 periode dari radiasi sehubungan dengan transisi antara dua hyperfine level dari ground state dari atom Caesium-133.

3. Massa

Satuan internasional dari massa adalah kilogram (kg). Standar massa 1 kg setara dengan silinder platinum-iridium yang disimpan dalam International Bureau of Weights and Measures di Paris, Perancis.

Dalam satuan atomik seringkali digunakan standar massa atom (u atau amu singkatan dari unified atomic mass unit).

1 u = 1,6605 x 10-27 kg

4. Arus Listrik

Satuan arus listrik adalah ampere (A). Asal mula satuan ampere yaitu muatan yang diperlukan untuk mengangkut 1.118 mg perak per sekon dari larutan silver nitrat (AgNO3).

Kini, nilai satu ampere diambil dari hasil numerik per muatan dasar elektron menjadi 1,602176634 x 10-19 ketika dinyatakan dalam satuan muatan coulomb (C), dimana satu coulomb setara dengan A s.

5. Suhu

Satuan besaran suhu adalah Kelvin (K). Satuan Kelvin menggunakan skala celcius untuk setiap derajat kenaikannya.

0 K = 273 oC

6. Jumlah Zat

Jumlah zat memiliki satuan internasional mol atau sering dilambangkan dengan (n). Nilai mol suatu zat diambil dari massa atom relatif atau massa molekul relatif dibagi konstanta massa molar.

Didefinisikan satu mol terdapat 6,02214076 x 1023 entitas elementer. Angka tersebut merupakan konstanta Avogrado (NA) yang digunakan untuk mengetahui entitas elementer suatu zat. Entitas elementer dapat berupa atom, molekul, ion, elektron, maupun partikel lain.

7. Intensitas Cahaya

Satuan dari intensitas cahaya adalah kandela (cd). Satuan kandela berasal dari kata candlepower, yang merupakan cahaya pancaran lilin menyala dengan ciri umum.

Satuan kandela dijabarkan dengan nilai numerik tetap dari efikasi cahaya radiasi monokromatik dengan frekuensi 540 x 1012 Hz, Kcd. atau sebesar 683 dalam satuan  lm⋅W−1 atau cd⋅sr⋅kg−1⋅m−2⋅s3.


Demikian ulasan mengenai satuan internasional beserta satuan pokok. Semoga bermanfaat ya 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.